Jumat, 13 Januari 2012

Chatting yux...!!!

    Chatting atau internet relay chat (IRC) adalah aplikasi internet yang memungkinkan seseorang berkomunikasi secara real time. Real time artinya seketika atau saat itu juga pesan yang seseorang sampaikan kepada orang lain akan diterima dan dibahas pada saat itu juga. Chatting dalam Bahasa Indonesia berarti mengobrol/bercakap-cakap, dan di internet dengan chating kita bisa mengobrol dengan teman, keluarga/saudara atau mungkin mencari teman baru yang berada di seluruh dunia. 
   Berbeda dengan email, komunikasi dengan chantting bisa terjadi apabila kita dan lawan komunikasi kita sama-sama terhubung ke Internet pada saat yang sama. Chatting memungkinkan kita bercakap-cakap dengan orang lain dengan menggunakan tulisan. Berkomunikasi dengan menggunakan IRC disebut chatting, sedangkan orang yang melakukannya disebut chatter. Chatting menjadi kegiatan yang mengasikkan karena anda dapat berkomunikasi secara real time dengan orang lain biaya yang murah. Anda dapat bertemu dengan orang dari belahan dunia dan dari berbagai latar belakang. Chatting dapat juga bermanfaat jika anda mempunyai teman atau keluarga yang berada jauh, di mana kalau Anda berkomunikasi melalui telepon terlalu mahal. Untuk dapat chatting, Anda harus koneksi ke Internet terlebih dahulu yang ditambah dengan program chatting. Beberapa program chatting yang ada saat ini adalah mirc, pirch, virc dan sebagainya. Selain itu, kita juga dapat chating melalui akun-akun petemanan sosial yang juga menyediakan aplikasi chating seperti facebook dan yahoo.

Selain manfaa-manfaat chating di atas, ada manfaat lain dalam chating, yaitu:

  1. Sarana murah dan mudah
  2. Dapat berkonsultasi dengan para ahli seperti perawat, dokter, ataupun ahli hukum
  3. Mengetahui isi buku, ada beberapa situs yang menyediakan aplikasi chating dengan buku
  4. Mendapatkan teman baru
  5. Mendapatkan informasi dari teman yang jauh
  6. Dapat menjadi sarana belajar dan diskusi


Adapun etika dalam berchating, yaitu:

  1. Gunakanlah bahasa yang sopan.
  2. Jangan menggunakan huruf besar. Penggunaan huruf besar akan diartikan oleh orang lain bahwa kita sedang berteriak-teriak atau marah.
  3. Jangan melakukan spam atau mengirimkan informasi/iklan yang tidak penting secara beruntun kepada orang lain karena orang lain akan merasa terganggu.
  4. Jangan menggunakan warna yang mencolok
  5. Tolaklah pembicaraan yang kita tidak suka dengan bahasa yang halus.
  6. Hindari pertengkaran atau perdebatan yang sengit
  7. Jika Anda mendapatkan kata-kata kasar atau tidak senonoh, sebaiknyaAnda tidak usah melayaninya lagi dengan kata-kata yang sama
  Saat berchating biasanya kita ingin juga mengekspresikan wajah atau suasana hati kita saat itu, hal itu bisa di wakilkan dengan menggunakan emotion atau emoticon. Pada kalangan pecinta chatting, emoticon biasanya lazim gunakan pada YM dan di Facebook, dan beberapa aplikasi chatting lainnya. Ada beberapa emoticon lucu yang dapat di gunakan, contohnya seperti:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar